Press "Enter" to skip to content

Setiba Di Boom Baru, Prajurit Satgas Yonif 141/AYJP Jalani Rikkes

PALEMBANG | Transparanmerdeka.com — Sesaat setibanya Kapal KRI Teluk Manado Nomor Lambung 537 yang mengangkut pasukan Satgas Yonif 141/AYJP di Pelabuhan Boom Baru Palembang pada Senin malam pukul 22.00 WIB, Tim Kesehatan dari Kesdam II/Sriwijaya langsung melakukan Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes).

Pasukan pimpinan Letkol Inf Aan Setiawan, S.Sos. selaku Komandan Batalyon (Danyon) sekaligus Komandan Satgas (Dansatgas) ini pulang karena memasuki masa purna tugas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia di wilayah Kaltim-Kaltara, Selasa (4/9/2018).

Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah (Dandenkesyah) 02.04.04 Palembang Letkol Ckm dr. Hilary, Sp.KJ. selaku Ketua Tim Kesehatan menyampaikan, bahwa pemeriksaan kesehatan ini dimaksudkan agar para prajurit yang telah melaksanakan tugas operasi mengetahui kondisi kesehatan masing-masing dan apabila terdeteksi penyakit segera dilakukan upaya pengobatan.

“Dalam rangka menjaga kondisi kesehatan prajurit Yonif 141/AYJP yang purna tugas Pamtas RI-Malaysia di wilayah Kalimantan, kita laksanakan Rikkes sesaat tiba di Palembang. Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan tanda-tanda vital dan laboratorium diantaranya tensi darah, pengambilan sampel darah dan urine,” terang Dandenkes.

Sementara itu Kepala Seksi Operasi (Kasiops) Korem 044/Gapo Letkol Inf Andik Siswanto, S.IP. menyampaikan bahwa, data dari status diagnosa kesehatan, bertujuan untuk mengetahui sedini mungkin kesehatan prajurit Satgas Yonif 141/AYJP. Di hutan Kalimantan tempat bertugas yang sangat tinggi penyakit malaria tentu tingkat kewaspadaan dan pencegahan dini terhadap penyakit malaria tersebut.

“Selain itu juga untuk mengevaluasi tingkat kesehatan prajurit, bila kondisi prajurit termonitor dengan baik maka pemeliharaan dan peningkatan terhadap tugas selama di wilayah Kalimantan diharapkan berjalan dengan berhasil dan selamat,” ujarnya. (penrem)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *