Press "Enter" to skip to content

Pangdam II Sriwijaya Sambut Satgas Yonif 141/AYJP Purna Tugas Pamtas RI-Malaysia

PALEMBANG | Transparanmerdeka.com — Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum. bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara penyambutan Satgas Yonif 141/AYJP dibawah pimpinan Letkol Inf Aan Setiawan, S.Sos. selaku Komandan Batalyon (Danyon) sekaligus Komandan Satgas (Dansatgas) yang Purna Tugas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara TA 2017-2018, bertempat di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Selasa (4/9/2018).

Pangdam II/Sriwijaya menyampaikan, Satgas Yonif 141/AYJP telah bertugas menjaga perbatasan RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara selama 12 bulan. Tugas operasi pengamanan perbatasan RI-Malaysia merupakan salah satu implementasi pelaksanaan pasal 7 Undang-Undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, bahwa tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) diantaranya adalah mengamankan wilayah perbatasan.

“Tugas yang diembankan oleh negara kepada Satgas ini merupakan tugas mulia dan berat, karena di perbatasan banyak permasalahan menonjol, terutama aktivitas berbagai kegiatan ilegal seperti perambahan hutan, tambang ilegal, pelintas batas, human trafficking dan tindakan kriminal penyelundupan narkoba dengan memanfaatkan berbagai celah yang ada di wilayah perbatasan,” terang Mayjen TNI Irwan.

Disamping itu, Pangdam II/Sriwijaya menyampaikan, dengan keberhasilan yang telah dicapai Satgas Pamtas RI–Malaysia Yonif 141/AYJP Korem 044/Gapo di daerah penugasan, tentu menjadi bekal dan pengalaman yang sangat berharga dalam menyongsong tugas kedepan yang semakin tidak ringan dan penuh dinamika.

“Lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan tugas yang telah dilakukan sebagai bahan penyempurnaan dalam peningkatan kualitas pembinaan satuan, sehingga kredibilitas dan reputasi Satuan Yonif 141/AYJP Korem 044/Gapo tetap terjaga dan terpelihara, bahkan dapat lebih ditingkatkan,” tegas Pangdam II/Sriwijaya.

Sementara itu, Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. menyampaikan ucapan selamat kepada Satgas Pamtas Yonif 141/AYJP yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik. “Saya menyampaikan selamat datang dan selamat tiba kembali di pangkalan, keberhasilan yang telah diraih jangan membuat kalian menjadi bangga dan bersikap tinggi hati, karena selain keberhasilan tentunya ada kekurangan,” ucap Danrem.

Lanjut Danrem, sebagai prajurit Sapta Marga dan prajurit profesional, diharapkan harus menyadari bahwa prestasi yang telah diraih sedianya dapat dipertanggung jawabkan. ”Yang telah kalian raih harus dapat dipertanggungjawabkan dan dipertahankan, bahkan prestasi tersebut hendaknya dapat dijadikan pelajaran serta sumber inspirasi guna menghadapi tugas selanjutnya yang kondisinya tentu tidak sama dengan situasi yang akan datang,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Zulkarnain Adinegara, Irdam II/Swj, Danrem 044/Gapo, para Staf Ahli Pangdam II/Swj, Asrendam II/Swj, Danlanal Palembang, Danlanud SMH Palembang, para Asisten Kasdam II/Swj, para Kabalakdam II/Swj, Kapolresta Palembang, para Dandim jajaran Korem 044/Gapo, para Kasi Korem 044/Gapo, Ketua beserta Pengurus Persit KCK PD II Sriwijaya, Ketua dan Wakil Ketua Persit KCK Koorcab Rem 044/Gapo serta hadir juga pejabat daerah dari Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang. (penrem)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *